Tips menjaga & Merawat Kebersihan Vagina

Area intim perempuan atau vagina atau seringkali disebut dengan miss V, adalah area yang penting dan perlu dijaga kebersihannya. Menurut Dr. Tina Wardhani, SpKK, pakar kulit dan kelamin yang berpraktek di Klinik Sakti Medika, Tebet Barat, Jakarta, vagina yang sehat adalah vagina yang tanpa keluhan – tidak gatal, tidak becek, tidak ada peradangan/iritasi serta keputihan. Namun kadang wanita punya sejumlah kebiasaan yang justru membuat Miss V terabaikan kesehatannya. Berikut ini adalah Tips aman menjaga dan merawat kesehatan area intim wanita:
Tips Aman Menjaga Kesehatan Area Intim Wanita

1. Agar tidak memicu kelembaban di daerah vagina dan area sekitarnya, pilih celana dalam dari bahan katun yang agak longgar. Hindari pula penggunaan stocking dengan model sampai menutup pantat. Karena model stocking ini akan memicu kelembaban. Gunakan model stocking yang hanya sampai pantat sebagai penggantinya.

2. Ganti panty liners setiap 2 jam sekali. Jika tidak cairan vagina akan kontak dengan kulit di sekitar area intim. Hal ini semakin penting jika Anda adalah perempuan dengan aktivitas tinggi. Biasanya cairan yang akan diproduksiberbanding lurus dengan tingginya aktifitas Anda.

3. Usahakan membawa botol air ketika buang air kecil di toilet umum agar bisa membersihkan miss V dengan air. Lalu keringkanlah dengan tissue berserat rapat.

4. Anda tidak terlalu dianjurkan untuk menggunakan sabun atau cairan khusus pembersih vagina terlalu sering. Saat mandi pagi, sore atau malam, barulah Anda boleh membersihkan vagina dengan sabun atau cairan khusus. Ingat, di dalam Miss V Anda, ada kuman normal yang bertindak sebagai benteng pertahanan vagina, sehingga kalau kuman normal tersebut ikut mati maka kuman jahat akan leluasa bergerak. Lakukanlah proses pembersihan tersebut dengan cara yang benar, yaitu dengan cara sambil berjongkok, bukan berdiri. Karena dengan berjongkok semua cairan atau sisa-sisa keputihan akan keluar.

5. Konsumsi buah dan sayur. Keduanya berpengaruh untuk kesehatan seluruh area intim Anda.

6. Minum minimal 2 liter air per hari. Air yang masuk dalam jumlah banyak akan membuat Anda buang air kecil. Hal ini baik untuk ‘membilas’ saluran kencing.

7. Hindari keiasaan menggaruk Miss V yang gatal karena keputihan. Kalau luka, maka area itu akan semakin lembab. sehingga kuman akan senang bersarang di sana.

8. Cukum minum vitamin, mineral dan zinc. Penyembuhan luka atau lecet pada Miss V akan sangat terbantu oleh zinc.

9. Sebaiknya cepat konsultasikan ke dokter bila terjadi keputihan yang tidak normal -dapat diindentifikasi dari kuantitas, warna dan bau- Jangan menundanya. Apalagi jika area tersebut luka, karena kuman akan senang bersarang di sana.

Kalau membahas tentang Vagina memang tidak ada habisnya dan merupakan bahasan yang menarik. Terutama bagi yang selalu memperhatikan kesehatan dan keindahannya.

Pada kesempatan kali ini akan diangkat kiat Menjaga kesegaran dan kesehatan VAGINA.

1. Selalu menjaga kebersihan Vagina pada tingkat keasaman 7,1 – 7,3.

2. Bersihkan Vagina bagian luar setelah selesai berhubungan.

3. Rajin mengganti pembalut disaat Haid datang.

4. Usahakan tidak memakai celana dalam disaat tidur.

5. Mengganti celana dalam 3x sehari.

6. Jangan mengenakan celana panjang berbahan nilon, jins dan celana kulit yang ketat. Ini akan membuat sisi-sisi vagina Anda lembab. Vagina yang lembab bisa terkena jamur atau penyakit kulit lainnya.

7. Menjaga berat badan agar tidak kegemukan. Bila kegemukan maka akan mengakibatkan Vagina tertutup lipatan lemak pada kedua paha.

8. Gunakan Gurah Vagina yang terpercaya dan tidak mengakibatkan dampak lain pada Vagina.

9. Lakukan senam Kegel pada vagina anda.

Sebenarnya sangat banyak cara perawatan Vagina. Akan tetapi pintar-pintarlah memilih cara yang tidak malah merusak Vagina anda nantinya. Kasihan suami anda nantinya.

Apabila anda mengalami keputihan, tentunya anda tidak bisa merasa nyaman dan memerlukan beberapa cara mengatasi keputihan tersebut. Tentu saja keputihan adalah penyakit yang harus ditangani segera sebelum menjadi semakin parah dan mengancam kesehatan anda. Ketika anda menemukan keputihan yang semakin parah dengan warna yang pekat, berbau menyengat, serta terasa gatal, itu artinya anda harus segera mencari cara mengatasi keputihan, karena keputihan semacam itu memungkinkan anda untuk menderita penyakit yang lebih parah. Berikut adalah beberapa cara mengatasi keputihan yang dapat anda ketahui;

1. Kunjungi dokter specialist kandungan dan konsultasikan keluhan keputihan yang anda alami. Pastikan dokter tersebut mempunyai alat khusus yang dapat memeriksa kondisi anda secara keseluruhan. Dengan mengetahui penyebab pasti keputihan tersebut, tentunya sang dokter akan mempunyai cara mengatasi keputihan yang paling efektif.

2. Jagalah kebersihan organ intim anda dengan baik dengan mengganti pakaian dalam secara teratur minimal dua kali sehari. Apabila anda merasa pakaian dalam yang anda kenakan sudah lembab atau kotor, anda harus menggantinya dengan yang bersih sehingga bakteri, jamur atau virus di dalam pakaian dalam tersebut tidak menginfeksi vagina.

3. Membasuh vagina dengan pembersih khusus kewanitaan merupakan cara mengatasi keputihan yang juga cukup efektif, terutama untuk jenis keputihan yang belum begitu parah. Dengan membasuh vagina dengan anti septic akan menghalangi masuknya bakteri dan kuman ke dalam vagina yang merupakan penyebab utama keputihan.

4. Ketika sedang datang bulan, anda harus rajin mengganti pembalut. Jangan gunakan pembalut hingga terlalu penuh karena hal itu akan memicu pertumbuhan bakteri yang dapat menginfeksi vagina. Rajin mengganti pembalut dapat menjadi cara mengatasi keputihan atau paling tidak menguranginya dengan efektif.

5. Ketika ditemukan penyakit keputihan dengan kondisi yang cukup parah, cara mengatasi keputihan tersebut tentunya akan semakin serius, seperti suntik sitostatika, penisilin, vaksinasi, tetrasiklin dan sebagainya.

6. Cara mengatasi keputihan juga dapat dilakukan dengan pembedahan. Pembedahan ini ditujukan untuk mengangkat sebagian kecil jaringan leher rahim yang terinfeksi bakteri, virus atau jamur penyebab keputihan.

7. Gunakan pengaman ketika anda berhubungan intim. Atau apabila anda sedang merencanakan kehamilan, bersihkan vagina dengan benar setelah bersenggama atau sebaiknya, anda mengkonsultasikan kepada dokter kandungan tentang pembersih vagina apa yang dapat anda gunakan sebagai cara mengatasi keputihan agar anda tidak salah dalam memilih sehingga dapat merusak perencanaan kehamilan tersebut.

8. Mengkonsumsi ramuan tradisional juga merupakan cara mengatasi keputihan yang cukup efektif seperti air rebusan daun sirih sebanyak satu gelas, dua sampai tiga kali seminggu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s